Menanam Bunga Matahari

Tanggal 3 Juli 2012, sehabis pulang kampung ke Brebes dan dapat benih bunga matahari dari tetangga. Ya cuma 10 biji,langsung deh disemai di tray..Tray diisi tanah yang dicampur pupuk kandang.

Prinsip saya dalam menanam, coba-coba saja, jangan banyak mikir yang ribet-ribet, cari referensi boleh, tapi kalo ribet ya sebisanya aja. yang penting aksi, DO MORE TALK LESS

Sekarang memulai berkebun bunga matahari.

Setelah 4 hari benih sudah mulai tumbuh

Setelah 4 hari benih sudah mulai tumbuh

Umur 1 minggu setelah semai, biji kwaci sudah tumbuh semua

Setelah satu minggu penyemaian

Umur 2 minggu setelah semai sudah muncul 4 daun

Setelah 2 minggu setelah penyemaian

Umur 3 minggu setelah semai, sudah tumbuh 6 daun dan tinggi sudah ada yg mencapai 10 cm

Bibit Bunga Matahari setelah 3 minggu di semai,

Bibit Bunga Matahari setelah 3 minggu di semai,

Pada umur 3 minggu ini bibit bunga matahari dipindah ke media tanam permanen. Media tanam berupa campuran tanah,kompos dan pupuk kandang. Media tanam dimasukan ke dalam pot, polibag dan kaleng bekas. Setelah dipindahkan dari tray,tanaman tetap ditaruh ditempat yang terlindung sama seperti saat penyemaian, tujuannya biar beradaptasi dulu dengan media tanam,jangan langsung ditaruh ditempat terbuka.

Setelah 3 minggu disemai, bibit bunga matahari di pindahkan ke polibag, pot dan kaleng bekas

Setelah 3 minggu disemai, bibit bunga matahari di pindahkan ke polibag, pot dan kaleng bekas

Umur 4 minggu, tanaman ditaruh di halaman terbuka, dengan menaruh mulsa disekitar tanaman, berupa daun-daunan. Tujuannya kalau panas media tanam ga cepat kering, kalau hujan meminimalisir erosi.

Umur 4 minggu setelah semai, tanaman bunga matahari ditaruh dihalaman terbuka

Umur 4 minggu setelah semai, tanaman bunga matahari ditaruh dihalaman terbuka

Usia 5 minggu

Usia 5 minggu

usia 6 minggu

usia 6 minggu

usia 7 minggu

usia 7 minggu

usia 8 minggu (21 agustus 2012) tampak atas

usia 8 minggu (21 agustus 2012) tampak atas

usia 8 minggu (dipindah ditempat terlindung karena mau nginep dirumah keluarga)

usia 8 minggu (dipindah ditempat terlindung karena mau mudik dirumah keluarga, idul fitri)

usia 9 minggu (masih ditaruh ditempat terlindung karena masih ditempat keluarga-masih suasana lebaran)

usia 9 minggu (masih ditaruh ditempat terlindung karena masih ditempat keluarga-masih suasana lebaran)

usia 9 minggu-tampak atas

usia 9 minggu-tampak atas

11 seprtrmber (11 minggu)

11 seprtrmber (11 minggu)

Usia 12 minggu (tanaman sudah lebih dari 1 meter tingginya, anak saya saja kalah tingginya )

Usia 12 minggu (tanaman sudah lebih dari 1 meter tingginya, anak saya saja kalah tingginya )

 

 

umur 12 minggu,sudah ada tanda-tanda mau berbunga di pucuk tanaman

umur 12 minggu,sudah ada tanda-tanda mau berbunga di pucuk tanaman

 

 

 

Insyaallah bersambung dan diupdate gambarnya tiap minggu

About these ads

11 pemikiran pada “Menanam Bunga Matahari

  1. Mas, mau tanya..

    untuk penamanannya, biji di pendam di kedalaman brp cm?

    saya pernah nanam dari pot, langsung saya taruh di atasnya

    tumbuh, tapi saat tumbuh sekita 5 cm, rasanya batang gak bisa menahan bobotnya

    jadi roboh dan mati

    ada saran?

    • kalau saya, benih saya masukan ke dalam tanah,hanya sekitar 0.5 cm di dalam tanah,
      Kalau tanaman tumbuh dipermukaan tanah maka perlu di urug (ditambah diatasnya, bisa tanah atau pupuk kandang/pupuk kompos) ,sehingga tanaman jadi kokoh tegak berdiri

  2. Siang.. Saya mau bertanya, saya membeli tanaman bunga matahari berusia 5bulan,kata penjual-nya. Saya beli di Surabaya, langsung saya bawa ke madura, sampai di madura daunnya mulai kering, saya khawatir mati. Pagi hari sudah saya siram dan saya letakkan di bawah matahari. Saya ingin tanaman tersebut tumbuh subur lagi. Mohon bimbingannya, mohon balas ke email saya. Terimakasih.

  3. Halo,
    biji bunga matahari (kwaci) dijual di toko pakan hamster atau toko pakan burung berkicau karena kwaci juga makanan burung love bird. Harganya murah kalau belinya di toko pakan karena mereka dijual bukan sebagai bibit tapi makanan hewan.
    Kalau di Madura, Rp.5000,- (lima ribu) dapatnya hampir satu gelas biji kwaci. Saya sudah nyoba beli bibit di tempat pakan dan tumbuh.

    Salam hijau untuk bumi kita.

    • IYA SAYA JUGA PERNAH DENGER ADA YANG NYOBA DAN NYARANIN NGAMBIL BENIH BUNGA MATAHARI PAKE KWACI PAKAN BURUNG TETAPI TINGKAT KEBERHASILANNYA SANGAT KECIL, ADA TEMAN SUDAH MENCOBA BEBERAPA BUNGKUS GA ADA YANG NUMBUH

  4. Sudah satu minggu lebih saya mencoba membandingkan pertumbuhan benih yang saya pesan dari Pak Sugeng dengan benih kwaci pakan hamster. Dilihat dari performanya, benih dari Pak Sugeng terlihat lebih segar dan kokoh dibanding benih pakan hamster (tentunya dengan perlakuan media tanam dan iklim mikro yang relatif sama). Kemungkinan besar benih pakan hamster adalah biji F2(Filial/generasi ke-2) hasil dari tanaman F1 hibrida heterozigot. Sedikit yang saya ingat dari hukum segregasi Mendel. Jika tanaman F1 hibrida mengalami penyerbukan sendiri (selfing) kemudian berbunga dan menghasilkan biji, maka biji hasil pembungaan F1 itu menjadi benih tanaman F2. Tanaman F2 memiliki kemungkinan baik dan tidak baik. Perbandingannya 50% baik dan 50% tidak baik. Sedikit share dari yg saya ingat. hehe

  5. saya udah seminggu nanam biji kwaci (dari pakan hamster) belum numbuh sama sekali, apa sebelum nanam kulit kwaci perlu dikupas dulu ya?

  6. Uni, tingkat pertumbuhan sangat dipengaruhi kwalitas benih. Mungkin udah terlalu lama, atau bibit sudah turunan berkali-kali. Saya sarankan beli benih yang dalam kemasan dan perhatikan masa kadaluarsanya. Semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s